Mahasiswa UGM Sosialisasikan Promosi Pariwisata Lokal Tobadak Melalui Digital Tourism

Rispaini Nur Aziza Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Priode 2 dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan sosialisasi tentang promosi pariwisata lokal untuk menarik wisatawan daerah Tobadak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat setempat dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pengembangan promosi pariwisata yang dilaksanakan pada, Sabtu, 27 Juli 2024
Sosialisasi dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk pengelola pariwisata, anggota Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), dan masyarakat umum. Antusiasme peserta cukup tinggi, menunjukkan kebutuhan akan pelatihan serupa untuk diterapkan dalam bermedia sosial
Tobadak memiliki potensi pariwisata yang besar seperti adat, budaya, dan bentang alam yang menarik. Namun, potensi tersebut belum sepenuhnya tergali. Dalam hal keberadaan Mahasiswa KKN PPM UGM menjadi peluang untuk membantu mengembangakan desa melalui sektor pariwisata yang diharapkan dapat meningkatan perekonomian bagi masyarakat. Pemahaman akan hal ini menjadi modal penting untuk promosi wisata melalui media digital
Kondisi jalan menuju air terjun saat ini menawarkan tantangan tersendiri, karena kondisi jalannya masih perlu di perbaiki, namun pemandangan yang menakjubkan disana akan sepadan dengan perjalanan yang di tempuh
Kegiatan sosialisasi menekankan pentingnya pemanfaatan media sosial dalam promosi pariwisata dan bagaimana cara melestarikan potensi pariwisata yang ada di Tobadak khususnya daerah air terjun seperti tidak merusak alam, serta membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan pada daerah air terjun dan sekitarnya. Peserta dilatih teknik penulisan yang efektif untuk menggali potensi kearifan lokal, menuangkannya dalam konten menarik di media sosial. Digital tourism menjadi strategi efektif untuk mempromosikan potensi unggulan suatu daerah melalui platform berbasis teknologi, terutama untuk menjangkau generasi milenial
Program “Sosialisasi promosi pariwisata lokal untuk menarik wisatawan daerah tobadak, serta pentingnya memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pengembangan promosi pariwisata” ini telah disetujui dan di dukung oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) tim KKN-PPM UGM Semarak Tobadak, yaitu Ibu Ganies Riza Aristya, S.Si., M.Sc., Ph.D. Program ini juga bentuk nyata implementasi dari Kota dan Pemungkiman yang berkelanjutan (SDGs) Nomor 11-Pengembangan wisata yang berkelanjutan disekitar air terjun dapat meningkatkan kualitas hidup dan mendorong pariwisata yang ramah lingkungan
Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mengembangkan promosi pariwisata Tobadak melalui digital tourism. Pelatihan lanjutan masih dibutuhkan, khususnya terkait keterampilan pengemasan pesan dalam bentuk multimedia

Kirim Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui Admin